1 2 3 4 5 6 7

Sabtu, 22 Desember 2012

Bersahabat Dengan Error Result di Excel



Jika anda tiap hari mempunyai pekerjaan untuk membuat proyek-proyek di Excel, tentu anda tidak asing lagi dengan kesalahan hasil yang dibuat oleh Excel. Dari #DIV/0#N/A atau yang lain. Dan tentu ini sangat menjengkelkan, selain akan memberi efek kepada hasil perhitungan yang melibatkan cell yang salah tadi, tampilan report anda pun akan terlihat jelek.

Tentu ada cara untuk mengantisipasi itu. Anda dapat menggabungkan fungsiISERROR dan IF. Fungsi ISERROR akan memberikan hasil TRUE jika terdapat error dalam kalkulasi dan sebaliknya. Maka melihat hal itu, maka fungsi IF sangat cocok digabungkan. Logikanya, jika IF mendeteksi hasil TRUE dari fungsi ISERROR maka, dia akan menjalankan bagian logika yang TRUE dan sebaliknya.
Misal saja anda akan membagi cell C3 dan B3, dengan menulis di formula cell:=C3/B3, maka anda akan mendapat hasil #DIV/0. Hal itu disebabkan karena di cell B3 tidak ditemui nilai apapun dan ini akan sangat bisa terjadi di dalam kehidupan keseharian kita. Untuk mengatasinya anda dapat menggabungkan fungsi IF danISERROR seperti yang sudah saya tulis diatas. Caranya, ketik di formula cell:=IF(ISERROR(C3/B3);0;C3/B3). Dengan fungsi itu maka anda akan mendapat hasil 0 jika terdapat error dalam kalkulasi dan tentu anda dapat mengganti sesuai kebutuhan anda.
Anda dapat melihat contoh rumus Excel yang saya tulis diatas denganmendownload-nya disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Obrolan Yupy

 

Home - Frofil - Grafis - Corel Draw - Photoshop - Internet - Jaringan - Presentasi - Lomba - Free Template - Tips Trik - Serba Serbi - Download

Copyright © 2011 CintaYupy - Template by Bloganol.com - Best viewed in Google Chrome 1024 x 768 resolution