Sekolah : SMA Negeri 1 Pegandon
Mata Pelajaran : TIK
Kelas/ Semester : XII / 1
Tahun Pelajaran : 2012/2013
A. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik
B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
C. MATERI PEMBELAJARAN
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
D. INDIKATOR
· Menjelaskan pengertian, kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
· Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
·
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat dan mampu :
· Menjelaskan pengertian grafiss vector dan bitmap serta perbedaannya, serta memberi contoh aplikasi softwarenya
· menjelaskan dan menerangkan menu dan icon beserta fungsinya secara teori atau tutorial software
F. METODE PEMBELAJARAN
· Penjelasan materi (teori Ceramah)
· Tutorial LCD Proyektor
· Praktikum Lab Komputer
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
· Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
· Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
· Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
· Menunjukkan menu dan ikon
· Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
G. ALOKASI WAKTU
10 jam pelajaran
H. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software
I. PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
0 komentar:
Posting Komentar