Setiap membuat laporan, saya selalu mencantumkan nama sheet yang sedang terpakai sebagai sebuah judul laporan. Karena saya menamai suatu sheet biasanya mewakili isinya. Misalnya isinya adalah laporan bulan Januari, maka saya biasa menamainya dengan Laporan Januari. Bisa saja saya mengetiknya satu-satu, tetapi jika dalam satu worksheet saya mempunyai 30 sheet tentunya sangat menjengkelkan jika harus mengetiknya satu persatu. Lalu saya berusaha membuat fungsi sendiri untuk membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih enteng.
Kita akan menggunakan Visual Basic for Application (VBA) untuk membuat fungsi tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
- Buka Microsoft Excel anda.
- Tekan Alt + F11 untuk membuka Visual Basic Editor, atau anda bisa juga melalui menu Tools -> Macro -> Visual Basic Editor.
- Di Visual Basic Editor, click menu Insert -> Module.
- Lalu ketikkan script seperti dibawah ini.
- Tutup Visual Basic Editor dengan menekan tombol Alt + Q.
- Lalu sorot cell yang ingin menampung nama sheet.
- Ketikkan =nama_sheet().
- Nama sheet anda akan terpampang di cell tersebut.
Mudah sekali kan? Sekarang anda ngga usah mengetik nama sheet anda satu persatu secara manual. Dan jika anda merubah nama sheet anda, maka judul laporan anda akan berubah secara otomatis mengikuti nama sheet tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar