1 2 3 4 5 6 7

Sabtu, 22 Desember 2012

Menghitung Umur Secara Detail



Dalam pekerjaan saya, menghitung umur seseorang merupakan pekerjaan sehari-hari. Karena berkaitan dengan menghitung masa kerja dan umur dari rekan-rekan kerja saya. Jika menghitung secara manual tentunya hal tersebut akan memakan waktu dan tenaga dan belum lagi human error yang bisa timbul dari penghitungan manual tersebut.

Lalu seringkali juga teman-teman saya menghitungnya dengan Excel dan menguranginya begitu saja. Jadi rumusnya =hari_ini – tanggal_lahir, hal ini terlihat benar tetapi hasilnya pun tidak akurat dan cenderung sulit dibaca.
Akhirnya setelah mencoba sana-sini, saya menemukan satu gabungan rumus yang bisa meringankan tugas saya. Kali ini saya akan menggunakan rumus DATEDIF.
Pada dasarnya rumus ini akan menghitung selisih data tanggal dengan menggunakan format tertentu. Penggunaan DATEDIF sebagai berikut:=DATEDIF(tanggal_awal;tanggal_akhir;"format"). Adapun format yang dikenali adalah:
  1. Y: menghitung perbedaan dalam besaran tahun.
  2. M: menghitung perbedaan dalam besaran bulan.
  3. D: menghitung perbedaan dalam besaran hari.
  4. YM: menghitung perbedaan dalam besaran bulan dan mengabaikan perhitungan tahun.
  5. YD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan tahun.
  6. MD: menghitung perbedaan dalam besaran hari dan mengabaikan perhitungan bulan dan tahun.
Nah dengan penjelasan tersebut, tentunya kita sudah bisa membuat gabungan rumus yang bisa menghitung umur seseorang secara detail. Misalnya, kita akan menghitung umur teman kita dari tanggal lahirnya sampai dengan hari ini. Cell yang berisi data hari ini di C3 dan data tanggal kelahiran teman kita tersebut di cell C6, maka kita tinggal mengaplikasikan rumus tersebut dengan menulisnya seperti ini=DATEDIF(C6;$C$3;"Y")&" tahun, "&DATEDIF(C6;$C$3;"YM")&" bulan, "&DATEDIF(C6;$C$3;"MD")&" hari". Cell C3 sengaja saya buat absolute karena kemungkinan saya akan menghitung umur teman-teman yang lainnya, jadi biar tidak ikut bergeser lokasi cell-nya karena C3 berisi data konstanta hari ini.
Dengan rumus itu, kita akan mendapat hasil dengan format seperti ini: 22 tahun, 5 bulan, 11 hari.
Dengan hasil itu tentu sudah sangat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas saya.
Untuk lebih jelasnya anda bisa download contoh tugas saya disini.
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan…

0 komentar:

Posting Komentar

Obrolan Yupy

 

Home - Frofil - Grafis - Corel Draw - Photoshop - Internet - Jaringan - Presentasi - Lomba - Free Template - Tips Trik - Serba Serbi - Download

Copyright © 2011 CintaYupy - Template by Bloganol.com - Best viewed in Google Chrome 1024 x 768 resolution